Cara Memperbaiki Cakupan Indeks/Perbaiki Liputan Masalah Di Google Search Console

3 comments


Cara Memperbaiki Cakupan Indeks/Masalah Liputan Di Google Search Console – Mendengar Masalah cakupan indeks Masalah Liputan ini pasti sudah bukan hal asing lagi bagi kalangan blogger, mungkin hampir semua dari kita termasuk saya pernah mengalami hal tersebut.
Masalah Liputan Cakupan Indeks
Gambar 1: Masalah Liputan Cakupan Indeks
Awalnya mendapatkan peringatan dari Webmaster tool / Search Console seperti gambar diatas membuat saya kebingungan dimana letak kesalahan pada blog yang saya buat dan apa maksud dari e-mail tersebut.

Pastinya banyak yang panik dong jika tiba-tiba mendapatkan peringatan semacam ini. Segala macam pertanyaan mulai muncul, apa blog saya di blok sama google, apakah isi artikel ada yang salah atau kenapa postingan tidak dapat diindeks?
 
Namun setelah cari tahu sana-sini, ternyata tak ada yang  perlu dikhawatirkan ketika mendapatkan peringatan tersebut karena hal ini tidak akan menurunkan visitor atau traffic pada blog atau website kita.

Ternyata peringatan tersebut ingin memberitahukan kepada kita bahwa ada laman dari blog kita yang tak dapat dirayapi oleh sistem pencarian google, misalnya seperti label atau search.
 
Nah, karena takut ada masalah dengan google akhirnya saya menuju laman “Perbaiki Liputan Masalah” dan kemudian langsung menekan tombol validasi yang saya kira akan secara otomatis memperbaiki blog dan hasilnya adalah seperti berikut:
Perbaikan Validasi
Gambar 2: Perbaikan Validasi
Meskipun banyak yang bilang peringatan tersebut tak terlalu penting dan bisa diabaikan, namun yang namanya peringatan untuk perbaikan ada baiknya kita perhatikan ya demi kebaikan blog kita juga tentunya tapi tergantung pribadi masing-masing ya, bukan dipaksakan.
 
Nah, untuk memperbaikinya, teman-teman bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini dan jangan sampai ada yang terlewatkan ya:
 
# Langkah 1:
Masuk ke pesan peringatan yang dikirimkan oleh Webmaster tool ke email Anda atau bisa juga pergi ke webmaster tool dan cari pesan yang dikirimkan google kemudian klik tombol “Perbaiki Liputan Masalah”.
 
Perbaiki Liputan Masalah
Gambar 3: Perbaiki Liputan Masalah

# Langkah 2:
Kemudian, klik menu “liputan” pada bagian sebelah kiri, maka akan tampil seperti berikut ini:
 
liputan
Gambar 4: Menu "liputan"
# Langkah 3:
Kemudian klik  ke empat menu di kotak untuk mengetahui detail setiap permasalahannya, maka akan muncul seperti ini:

Menu Liputan 2
Gambar 5: Detail Peringatan

Detail Liputan
Gambar 6: Detail Masalah Liputan

# Langkah 4:
Kemudian pada gambar 6, klik kata “peringatan” berwarna orange, sehingga menampilkan gambar seperti berikut:
Lihat Detail Masalah
Gambar 7: Detail Masalah Liputan
# Langkah 5:
Setelah itu lihat pada bagian sebelah kanan akan muncul tombol “Lihat Detailnya”. Cukup di lihat saja ya bukan untuk di klik. Nah, dibagian ini teman-teman klik tombol “Perbaiki Validasi”.
 
# Langkah 6:
Setelah diklik tombol “Perbaiki Validasi”, kita hanya perlu menunggu beberapa hari saja dan setelah itu akan ada pesan masuk “Masalah masukan situs http://www.blackhole26.blogspot.com berhasil di perbaiki.
 
Perbaikan Indeks Selesai
Gambar 8: Perbaikan Indeks Selesai

 Cara memperbaiki Liputan Masalah menggunakan Robots.txt melalui dashboard website/blog

Nah, selain cara diatas, kita juga dapat memperbaiki masalah cakupan index melalui Robots.txt di website atau blog. Caranya adalah sebagai berikut:
 
# Langkah 1:
Cek Robots.txt Anda dengan cara buka window baru dan silahkan ketik seperti alamat berikut:
http://blackhole26.blogspot.com/robots.txt --> ganti menjadi nama blog Anda. maka akan muncul tampilan seperti ini.

Cara Menguji Robots.txt Blog
Gambar 9: Menguji Robots.txt Blog
# Langkah 2:
Login ke dashboard blog, kemudian pilih Setelan, Preferensi Penelusuran kemudian edit pada kolom robots.txt khusus, kemudian copy text yang di http://blackhole26.blogspot.com/robots.txt dan paste di kolom robots.txt.
Dashboard Blog
Gambar 10: Dashboard Blog
# Langkah 3:
Ganti “Disallow/search” jadi Disallow:/p/about.html” dan Anda dapat menambahkan sesuai dengan keinginan seperti Label, privacy,contact dll.
Hasilnya akan seperti ini:
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /p/about.html
Disallow: /p/label.html
Disallow: /p/contact.html
Allow: /
Sitemap: http://blackhole26.blogspot.com/sitemap.xml

Nah, perintah “Disallow/search” yang ada pada gambar 10 diatas merupakan pengaturan dari default blog itu sendiri.
 
Dan pengaturan Robots.txt sendiri bertujuan agar Googlebot tidak lagi melakukan indeks pada halaman penelusuran atau Search.
 
Jika Anda masih ragu untuk mengubah pengaturan Robots.txt menggunakan langkah diatas, Anda dapat melakukan pengujian robots.txt terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut:
 
# Langkah 1:
Kunjungi alat penguji Robots.txt di Webmaster tool, kemudian pilih robots.txt.tester, maka akan muncul tampilan seperti berikut:
 
Perbaikan melalui dashboard blog
Menggunakan Dashboard Blog

# Langkah 2:
Kemudian edit text “Disallow/search” menjadi “Disallow: /p/about.html” atau sesuai dengan halaman URL keinginan Anda bisa label, contact dan privacy. Kemudian tekan tombol “Submit”.
 
Dan setelah langkah tersebut selesai, menandakan bahwa masalah peringatan cakupan indeks yang dikirimkan oleh Search Console telah diperbaiki.
 
Nah, itu dia cara bagaimana memperbaiki “cakupan Indeks di Search Console”.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa di share ya agar teman-teman lainnya yang mengalami kendala tersebut dapat mengatasinya. Jika ada pertanyaan atau saran perbaikan, silahkan beri komentar ya.






3 komentar

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.